jump to navigation

Sistem Operasi January 6, 2012

Posted by 11523233 in : Uncategorized , trackback

Di awal semester 2 kita akan memasuki mata kuliah Sistem Operasi. Sebelum kita memasuki kuliah tersebut, mari kita pelajari dan pahami tentang Sistem Operasi.

Sistem Operasi adalah program yang bertindak sebagai perantara antara user dengan perangkat keras komputer. Sistem operasi digunakan untuk mengeksekusi program user dan memudahkan menyelesaikan permasalahan user. Selain itu dengan adanya sistem operasi membuat sistem komputer nyaman digunakan. Sistem operasi mempunyai tujuan untuk menggunakan perangkat keras komputer secara efisien.

Penggunaan sistem operasi memiliki perintah yang berbeda,bergantung jenis operasi yang digunakan. Banyak yang dapat dilakukan sistem opreasi dalam membantu kegiatan manusia. Untuk dapat membantu kegiatan manusia, sistem operasi memiliki berbagai macam fungsi. Dan berikut ini merupakan fungsi-fungsi sistem operasi :

1.   Resource Manager

Fungsi Resource Manager adalah untuk mengalokasikan sumber daya, seperti CPU, printer, drive, memori, dan lain sebagainya.

2.   Interface

Fungsi interface adalah sebagai perantara antara user dengan hardware untuk menyediakan lingkungan yang bersahabat. Dengan demikian, user tidak memiliki kekhawatiran untuk mengoprasikan perangkat level bawah.

3.   Guardian

Fungsi guardian adlah untuk menyediakan control akses yang melindungi file dan member pengawasan pada pembaca/penulisan/eksekusi data dan program.

4.   Optimizer

Fungsi optimizer adalah untuk menjadwal peng-inpu-an oleh user, pengaksesan basis data, proses komputasi, dan pengeluaran output untuk meningkatkan kegunaan.

5.   Accountant

Fungsi Accountant adalah untuk mengatur waktu CPU, penggunaan memori, disk storage, waktu connect terminal dan pemanggilan I/O.

6.   Server

Fungsi server adalah untuk menyediakan layanan yang sering dibutuhkan user, baik secara eksplisit, maupun implicit seperti mekanisme akses file.

7.   Coordinator

Fungsi coordinator adalah untuk menyediakan fasilitas sehingga aktivitas yang kompleks dapat diatur untuk dikerjakan dalam urutan yang telah disusun sebelumnya.

Dan jika ingin mengenal lebih lanjut dapat buka di berkas ini. >>>Download disini<<<

Comments»